Senin, 28 Januari 2013

Tempat Wisata di Kota Bogor, Jawa Barat.

Dalam artikel sebelumnya, pernah dipaparkan tentang "Tempat Wisata Kota Depok". Tapi sekarang, akan dijelaskan tentang Wisata Kota Bogor. Bogor adalah sebuah wilayah yang berada di provinsi Jawa Barat letaknya berbatasan langsung dengan Ibu Kota Jakarta, bogoh adalah area vital penyangga ibu kota jakarta bersama Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Letak geografis bogor yang dikelilingi pegunungan indah seperti gunung salah dan gunung gede Pangrango merupakan kota yang sejuk dengan curah hujan yang tinggi. menyimpan keindahan alam yang pada kenyataannya telah terkikis oleh hebatnya arur metropolis jakarta. Bogor menjadi tempat hunian strategis karena tidak jauh dari ibu kota.

Sesuai dengan Visi Kota Bogor sebagai Kota Jasa yang Nyaman dengan Masyarakat Madani dan Pemerintahan Amanah, Kota Bogor berupaya terus mengembangkan perekonomian masyarakat dengan menitik beratkan pada jasa yang mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada. Hal itu terbukti dengan dioptimalkannya beragam Objek Wisata dan portensi lainnya yang dimiliki Kota Bogor, diantaranya objek wisata ilmiah yang bertaraf Internasional, wisata alam, olahraga, budaya, cinderamata dan aneka makanan khas dan pusat-pusat perbelanjaan serta kegiatan pariwisata dan Budaya dapat disaksikan di Kota Bogor.


Bosan dengan tempat rekreasi akhir pekan yang itu-itu saja, mungkin kini saatnya Anda mencari suasana baru. Cobalah datang ke 5 tempat ini di Bogor, dijamin bisa membuat akhir pekan makin seru.! Bogor, Jawa Barat memang sudah dikenal sebagai kota yang memiliki banyak tempat wisata. Namun, sebagian besar wisatawan lebih memilih ke kawasan Puncak, daripada ke pusat Kota Bogor. Alasan bisa menikmati perkebunan teh biasanya diambil para pelancong. 

1. Kebun Raya Bogor


Berada di 60 km selatan Jakarta, atau hanya satu jam dengan menggunakan kendaraan dari Jakarta. Kebun Raya Bogor terletak di kota Bogor di kaki gunung Salak, yang dulu dikenal sebagai "Buitenzorg" yang berarti "bebas perawatan". Memiliki curah hujan tinggi sepanjang tahun dan iklim yang lebih dingin dibandingkan dengan kota metropolitan Jakarta. Kebun Raya Bogor yang terkenal ini berada di lahan. Biasa disebut juga Kebun Botani Bogor adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya mencapai 87 hektar dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Tempat wisata ini memiliki luas 87 Hektar dan merupakan ikon kota Bogor. Puluhan ribu species tumbuhan terdapat disana. Selain itu ribuan binataang kijang hidup bebas di halaman Istana Bogor. Selain sebagai tempat wisata, Kebun Raya Bogor yang merupakan paru-paru kota Bogor juga digunakan sebagai tempat penelitian oleh para mahasiswa dan ilmuwan. Nilai historisnya yang tinggi, kenyamanan, kesejukan, dan keasriannya mencuri perhatian banyak wisatawan, termasuk para wisatawan mancanegara yang berkunjung dan menikmati kesejukan hutan di tengah kota. Saat ini Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi sebagai tempat wisata, terutama hari Sabtu dan Minggu. Di sekitar Kebun Raya Bogor tersebar pusat-pusat keilmuan yaitu Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi Bogor, dan PUSTAKA.



2. The Jungle
The Jungle Water Adventure dan biasa disebut The Jungle adalah sebuah tempat rekreasi yang dapat dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga serta sebagai obyek wisata edukasi bagi sekolah yang ingin mengadakan rekreasi sambil belajar. The Jungle Water Adventure dibangun di kawasan Perumahan Bogor Nirwana Residence (BNR) dengan latar belakang Gunung Salak . Pemandangannya indah serta udaranya sejuk, menempati area seluas 3 hektar dengan 60 % dari total area merupakan kawasan hijau terbuka di Bogor selatan. 

Lokasi Perumahan Bogor Nirwana Residence (BNR) terletak di Jl. Dreded Pahlawan, Kotamadya Bogor Selatan – Jawa Barat. Lokasi Perumahan Bogor Nirwana Residence dapat dicapai dengan mudah sekitar 10 menit perjalanan dari gerbang pintu tol Bogor. 

Nirwana Epicentrum adalah nama untuk kawasan komersial terintegrasi yang berada didalam Perumahan Bogor Nirwana Residence dan The Jungle adalah wahana hiburan pertama yang menempati kawasan komersial tersebut. Di kawasan Nirwana Epicentrum ini nantinya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti Sekolah Internasional, Universitas, Orchard Walk Arcade, Orchard Walk Mall, Flona Walk, Aston Hotel & Condotel, Lapangan Golf 18 hole dan Lifestyle Center.

Merupakan tempat rekreasi keluarga serta sebagai obyek wisata edukasi bagi pelajar yang ingin mengadakan rekreasi sambil belajar. The Jungle Water Adventure berlokasi di kawasan Perumahan Bogor Nirwana Residence dengan latar belakang Gunung Salak. Pemandangan yang indah serta udara sejuk merupakan salah satu keunggulan dari The Jungle ini. Berbagai jenis wahana menarik terdapat disana, salah satu yang terbaru  adalah Wave Pool (Kolam Ombak).



 3. Taman Safari Indonesia di Cisarua
Taman Safari merupakan tempat wisata favorit pelajar dan sekolah untuk study wisata serta juga merupakan salah satu tempat wisata favorit keluarga. Taman Safari Indonesia merupakan kebun binatang yang di kondisikan sesuai habitat asli hewan-hewan koleksinya yang berasal dari (hampir) seluruh penjuru dunia. Terdapat pula jenis wahana permainan dan kolam renang.



Salah satu lokasi yang sangat cocok untuk dikunjungi jika banyak anggota keluarga yang masih kecil adalah Kebun Binatang. Tempat ini bukan saja akan jadi tempat berwisata namun juga ber-edukasi. Namun, nampaknya Kebun Binatang yang tradisional sudah tak begitu menarik lagi semenjak adanya Taman-Taman Safari yang lebih menyuguhkan banyak tantangan dan ragam jenis hewan. Meskipun tiket masuknya masih terbilang agak mahal, namun sebanding dengan apa yang akan kita bisa kita nikmati di dalamnya.
 
Salah satu Taman Safari yang bisa dijadikan alternative untuk kunjungan wisata anda kali ini mungkin adalah Taman Safari Cisarua Bogor. Dan seperti kebanyakan Taman-Taman Safari yang lainnya di seluruh dunia, tentu ada waktu kita berinteraksi secara langsung atau lebih dekat dengan hewan-hewan yang jika biasanya di Kebun Binatang tradisional ditempatkan di kandang yang aman, kali ini berkeliaran dengan bebas di sekitar kita. Dengan kondisi ini, tentu banyak hal yang harus kita perhatikan. Di tempat ini, kita tak bisa dengan bebasnya berkeliaran atau dudu-duduk sanatai saat berada dekat dengan hewan-hewan buas karena bisa saja hal-hal tak di inginkan terjadi pada kita atau salah satu diantara anggota keluarga yang lain. Untuk itulah banyak tips yang seharusnya anda ikuti saat memutuskan untuk berkunjung ke Taman Safari, Khususnya Taman Safari Cisarua Bogor. Tips-tips tersebut antara lain:
  • Jika anda memiliki mobil pribadi dan masih cukup untuk menampung semua keluaga yang ikut serta dalam rombongan, sebaiknya anda membawa sendiri kendaraan pribadi anda tersebut demi kelancaran perjalanan anda. Karena dengan kendaraan pribadi anda tentu lebih leluasa mengontrol setiap orang yang ada di dalamnya dan mengetahui dengan pasti kondisi keamanan pada kendaraan anda.
  • Siapkan alat-alat dokumentasi yang diperlukan karena tempat ini akan memberikan anda hal-hal menarik yang sayang untuk tidak anda abadikan. Dan, yang terpenting menggunakan benda-benda tersebut dengan aman terutama ketika berada dalam jarak yang sangat dekat dengan hewan-hewan buas, contohnya jangan membuka kaca jendela atau pintu mobil untuk bisa memotretnya dengan jelas karena hal itu tentunya sangat membahayakan.
  • Sebelum memasuki kawasan cagar alam, pastikan seluruh anggota keluarga menyempatkan diri ke toilet terlebih dahulu untuk menunaikan hajat, jangan sampai di tengah hutan, ada salah satu yang ingin buang air kecil atau semacamnya, karena tidak akan anda temukan toilet di lokasi hutan. Lagipula keluar dari mobil sama artinya dengan membahayakan diri sendiri.
  • Sebelum memasuki kawasan wisata, pahami terlebih dahulu aturan-aturan yang ada, terutama pada bagian yang “dilarang”, seperti misalnya dilarang memberi makanpada hewan, dilarang mengeluarkan anggota badan ketika berada di hutan cagar alam, dan lain sebagainya. Dan jangan lupa menerangkannya pada anggota rommbongan yang lebih junior.
  • Meskipun saat berada di dalam hutan, anda sedang bertemu dengan hewan-hewan jinak, anda sebaiknya tetap tidak membuka jendela atau pintu mobil. Hal ini dikhawatirkan bisa saja sewaktu-waktu hewan lainnya yang buas tiba-tiba saja datang tanpa anda sadari dan membuat kekacauan pada diri anda.
  • Jika sedang melintas, tiba-tiba di tengah jalan ada hewan arau rombongan hewan yang menghalangi laju kendaraan anda, anda pun tak perlu membunyikan klakson mobil. Hal ini dimaksudkan agar tak membuat kaget hewan-hewan tersebut sehingga membuat suasana hutan menjadi kacau. Jika hal itu terjadi, yang harus anda lakukan adalah behenti sejenak dan menunggu saat-hewan-hewan tersebut berlalu dari hadapan mobil anda, baru kemudian anda berjalan lagi.
4. Puncak
Berada di dataran tinggi, dikelilingi oleh kebun teh yang amat luas, dan memiliki panorama yang indah serta udara yang sejuk. Perkebunan Teh Gunung Mas merupakan tempat wisata yang patut di rekomendasikan karena selain dijadikan sebagai tempat study tour juga dapat dijadikan sebagai tempat berolahraga yang nyaman mulai dari berjalan kaki mengelilingi kebun teh (tea walk), jogging, bersepeda sampai olahraga gantole (terbang layang). 




5. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari adalah taman rekreasi sekaligus pendidikan yang mempunyai berbagai macam aktivitas yang cocok untuk aktivitas individu, keluarga ataupun kelompok. Taman Wisata Matahari juga mempunyai fasilitas wisata yang lengkap, seperti lapangan, saung, gazebo, aula dan penginapan/Hotel. Didukung pula oleh berbagai fasilitas umum seperti toilet yang bersih, mushola yang nyaman, tempat parkir yang luas dan area hijau yang asri.

Taman Wisata Matahari mempunyai lebih dari 40 macam wahana permainan yang cocok bagi anak – anak maupun dewasa. Selain wahana permainan, Taman Wisata Matahari juga mempunyai wahana pendidikan yang mampu memberikan pembelajaran mengenai alam dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Keseluruhan rangkaian aktivitas, fasilitas dan pelayanan di Taman Wisata Matahari menjadikan pengalaman berwisata anda menarik, menyenangkan dan tak terlupakan. Jadi, pastikan Taman Wisata Matahari sebagai pilihan utama anda dalam berekreasi dan menikmati kebersamaan bersama keluarga, rekan –rekan dan orang – orang tercinta. Taman Wisata Matahari mempunyai lebih dari 40 macam wahana yang sesuai baik bagi anak-anak maupun dewasa, mulai dari permainan air, mobil safari sampai dengan permainan yang cukup menantang, yaitu flying fox dan arung jeram.



Selain wahana permainan, Taman Wisata Matahari juga menyediakan wahana pendidikan, yaitu Agro Sawah, Wahana Pendidikan Alam, dan Wahana Ternak. Wahana pendidikan ini mengajarkan para pesertanya untuk lebih mengenal dan mencintai alam dengan cara yang menarik dan menyenangkan sehingga lebih mudah untuk ditangkap dan dicerna pembelajarannya. Untuk melengkapi pengalaman berwisata anda, Taman Wisata Matahari menyediakan Pasar Murah dan Food Court yang menjual berbagai macam kerajinan tangan, oleh-oleh dan makanan khas Bogor yang bisa anda nikmati langsung ataupun untuk dijadikan cinderamata.

6. The Highland Park Resort

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar Mongolia? Mungkin yang langsung terlintas adalah dataran gurun dan lahan perkemahan luas dengan tenda-tenda putih sebagai tempat tinggal para suku Mongol yang hidup nomaden (berpindah-pindah). Selain memang menjadi tempat tinggal, tenda-tenda milik suku Mongol ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis asing yang berkunjung ke negara yang berbatasan dengan Rusia dan China ini. Nah, pemandangan serupa pun bisa Anda temui di Indonesia.

Sebuah tempat bernama The Highland Park Resort-Hotel di Bogor, mengadaptasi perkemahan di Mongolia menjadi penginapan berkonsep hotel bintang lima. Memasuki area ini, Anda akan disuguhi puluhan tenda putih dengan latar belakang pemandangan Gunung Salak yang indah, membuat decak kagum siapapun yang melihatnya. Lokasi hotel ini memang terletak persis di selatan Gunung Salak.

Ide untuk membangun hotel berkonsep unik ini datang dari Daud Ibrahim, seorang pengusaha. Inspirasi untuk membangun Highland Park Resort datang setelah ia pulang dari Mongolia. Mengingat belum ada pengembang yang membuat konsep serupa, lahan seluas 12 hektar pun disulapnya menjadi penginapan yang kini sukses menarik banyak pengunjung.

"Mongolian Camp yang asli di dalamnya sangat sederhana, tapi jadi objek wisata tersendiri di sana. Di sini, kita hanya mengadaptasi bentuk tendanya, tapi di dalamnya sudah seperti hotel. Berlantai marmer, dengan konstruksi yang kuat dan ditutup vinyl. Kami menyebutnya Five Star Mongolian Camp," jelas Sales Executive The Highland Park Resort, R. Yogi Arieffiandi saat ditemui Wolipop.

Memasuki camp, memang langsung terasa suasana eksotis khas Mongolia. Di dalamnya terdapat tirai yang ditata sedemikian rupa hingga menyerupai tenda ala Raja Mongol. Sementara di langit-langitnya terpasang lampu dengan hiasan lampion, menciptakan nuansa yang sedikit temaram.

Setiap kamar dilengkapi dengan king size bed, dua sofa (bisa diganti extra bed), beberapa laci meja, gantungan serta rak untuk baju. Melangkah lebih dalam, terdapat toilet, wastafel dan kamar mandi. Camp juga dilengkapi fasilitas TV dengan layar LCD 32 inci. Nuansa Mongolia semakin terasa dengan ratusan lampion yang mengitari hampir seluruh area camp. Saat malam, lampion akan menyala dan Anda akan melihat pemandangan cantik di senja menjelang petang.

The Highland Park Resort memiliki total 35 camp yang terdiri dari 27 standard camp, 4 deluxe camp, 2 barrack camp dan 2 meeting camp yang bisa menampung hingga 70 orang. Untuk deluxe camp, interiornya lebih besar dibandingkan standard camp dengan dekorasi yang lebih cantik serta dilengkapi kelambu pada tempat tidurnya. Sedangkan barrack camp bentuknya memanjang dengan panjang 10 meter dan lebar kira-kira 5 meter.

Selain camp, resor ini juga memiliki sejumlah fasilitas yang bisa dinikmati mulai dari anak-anak hingga dewasa. Terdapat mini waterboom dengan papan seluncur dan air mancur mini, arena outbound, flying fox, high ropes dan paintball. Bagi penyuka olahraga, tempat ini juga menyediakan arena futsal dengan biaya Rp 100 ribu per jam. Resor ini juga memiliki jasa provider untuk outbound, dengan biaya Rp 200 - 250 ribu per orang.

Jika bosan di area camp, Anda bisa berkeliling di seputar taman bunga krisan dan anthurium menggunakan horse riding. Tersedia empat kuda yang akan mengajak Anda mengitari area perkebunan di hotel yang baru satu tahun lalu dibuka ini. Untuk menikmati fasilitas horse riding, dikenakan biaya Rp 30 ribu satu kali putaran.

Masih banyak lagi kegiatan yang bisa Anda lakukan selama liburan di sini, salah satunya mengadakan pesta barbeque lengkap dengan peralatan dan paket yang diinginkan. Anda bisa menikmati ragam menu barbeque, dengan biaya Rp 100 ribu - 150 ribu per orang. Tidak perlu khawatir dengan cuaca di Bogor yang curah hujannya tinggi, karena disediakan tenda yang bisa Anda gunakan saat hujan turun.


Tak ingin meninggalkan nuansa Tanah Jawa, di sejumlah spot pun dibangun beberapa saung khas Sunda. Sehingga selain nuansa eksotis khas Mongol, para pengunjung juga tetap bisa menikmati suasana tradisional Indonesia.

"Karena letaknya di Bogor, kami ingin menghadirkan nuansa Sunda. Jadi dibangunlah saung-saung, belum terlalu lama juga dibuatnya. Nantinya juga akan ada ballroom, wedding chapel, villa dan tambahan hotel karena permintaan yang cukup tinggi," tutur Yogi.

Untuk biaya menginap di sini, dikenakan Rp 2 juta (tenda standar) dan Rp 2,5 juta (tenda deluxe) per malam. The Highland Park Resort beralamat di Jl. Ciapus - Curug Nangka, Kp.Sinarwangi, Sukajadi Kecamatan Tamansari, Bogor.
The Highland Park Resort terletak di kawasan Ciapus Curug Nangka, Kampung Sinarwangi Sukajadi Kecamatan Taman Sari. Merupakan bangunan tenda khas Mongolia yang pertama di Indonesia dan satu-satunya di Asia Tenggara dengan pemandangan yang eksotik mengarah langsung pada Gunung Salak. Kombinasi suasana alam yang sejuk serta asri dengan sentuhan desain interior yang unik menjadikan The Highland Park Resort sebagai resort bintang lima yang mewah di tengah alam pegunungan.

Fasilitas pendukung lainnya adalah: Mini Fun Waterboom, Jogging Track, Trekking, Horse Riding, Taman yang indah dengan nursery Bunga Anthurium, Lily dan Chrysant, Lapangan Outbound, Aktifitas Highropes dan Flying Fox, Lapangan Futsal, Restoran yang menyediakan makanan lokal dan Internasional, Fasilitas Ruang Meeting dan Parkir Resort yang luas. Lokasi sangat dekat tempat yang menarik seperti: Tempat Persembayangan Pura Parahyangan Agung Jagakartha merupakan pura yang terbesar di Pulau Jawa, Air Terjun Curug Nangka dengan jarak 01 km.

7. Curug di Bogor

Berada di kawasan Puncak Bogor yang  terkenal dengan keindahan alamnya, curug yang satu ini bisa memanjakan mata anda dengan pesona alamnya, udara yang sejuk dan kealamian yang masih terjaga,  semua itu ditawarkan dalam satu tempat wisata “ Curug Cilember” yang terletak di Desa Jongjongan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. mempunyai ketinggian 700 m dpl, kawasan wisata ini mempunyai udara yang sejuk dna pastinya menyegarkan pikiran. Curug cilember juga disebut sebagai curug 7 cilember, karena disini anda  bisa menemukan 7 curug dengan ketinggian dan keindahan yang berbeda. Selain keindahan curugnya disini anda juga bisa menemukan pesona alam lainnya, anda bisa menemukan 12  species satwa kupu- kupu yang berada dalam satu tempat penangkaran. Petualangan anda di kawasan air terjun ini pastinya akan terpuaskan dengan berbagai tanaman serta pepohonan hutan tropis yang menemani perjalanan anda melewati jalan setapak.

Mulai menikmati keindahan curug cilember, di curug cilember  yang menjadi primadona adalah curug ke-7 dan curug ke- 5, y curug ke-7 merupakan curug yang letaknya paling dekat dengan pintu masuk, akses untuk menuju tempat ini juga sangat mudah ditempuh,  mempunyai 2 limpahan air curug ini mempunyai kolam dibawahnya yang bisa anda buat untuk mandi dan berenang, curug  ini juga sangat cantik untuk anda jadikan background berfoto, tak jarang air terjun yang satu ini dijadikan tempat untuk berfoto prewedding bagi pasangan pengantin, tentu keindahanya tidak perlu diragukan lagi.
Berwisata dan menikmati alam yang masih terjaga kesegaran dan kealamiannya tentu sangat menyenangkan, dan wisata alam yang satu ini bisa anda jadikan alternatif bagi anda untuk berlibur bersama keluarga tersayang, untuk menyegarkan pikiran, y “ curug country” yang terletak di Desa Tanjung Rasa, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. untuk menuju lokasi ini anda tidak perlu kuwatir, akses jalan dan kualitas jalan sangat baik untuk dilalui kendaran pribadi roda dua ataupun roda empat. Belum banyak yang mengetahui tentang pesona air terjun ini , jadi bagi anda yang datang berwisata kesini bisa memberikan berbagi pengalaman tentang indahanya curug country agar pesonanya bisa dinikmati dan diketahui wisatawan lainnya, dan tentunya bagi anda pecinta alam, anda harus datang dan menikmati kesegaran air terjun ini untuk menambah pengalaman wisata anda.

Mempunyai keindahan alam yang memang bisa menyejukan mata dan menyegarkan, keindahan curug country disebut- sebut sebagai miniatur air terjun Niagara, air terjun yang sangat terkenal di Jepang dan dunia . dari bentuk alamnya curug country merupakan air terjun bertingkat, dengan air terjun yang mengalir lumayan deras,  disini anda bisa berfoto ria dengan background air terjun alami yang lengkap keindahanya bersama pepohonan dan tumbuhan hijau yang menghiasi air terjun ini. disini anda bisa bermain air sepuasnya, anda bisa hanya sekedar membasu wajah ataupun menikmati kesegaranya dengan mandi dibawah curug, airnya bersih dan bening, dingin dan menyegarkan, juga kolamnya air terjunya tidak terlalu dalam dan aman bagi putra –putri anda.
Tak jauh berbeda dengan air terjun lainnya, “ curug luhur” yang terletak di Desa Gunung Malang, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini menawarkan keindahan alaminya yang bisa menyegarkan pikiran, mengajak anak- anak ke air terjun ini pun juga bisa anda lakukan, hanya berjarak 150 meter dari parkiran dan mempunyai  akses jalan yang mudah dan tidak  terlalu berat dilalui, memudahkan anda untuk membawa anak- anak melihat keindahan air terjun yang satu ini. Selain itu pemandangan dan air terjun sangat baik bagi anak- anak, kecerian di pasti akan anda dapatkan di air terjun ini. curug luhur juga berada ditempat yang strategis, jadi bagi anda yang ingin berekreasi ke air terjun ini bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun  kendaraan umum.

Mempunyai tinggi  sekitar 60 m , air terjun ini mempunyai curahan air yang cukup deras, bersama keluarga anda bisa bermandi ria dibawahnya, terdapat kolam yang cukup besar bagi anda yang ingin menikmati kesegaran air curug luhur ini, selain itu pemandangan di sekitar air terjun ini sangat menawan sejauh mata memandang,pepohonan hijau dan rindang menyegarkan mata, selain itu udara khas pegunungan juga bisa anda rasakan disini. Selain air terjun disini juga terdapat sederet air yang mengalir deras pada dinding tanah dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi hanya sekitar 2 meter, yang juga airnya bisa anda nikmati kesegaranya, untuk hanya  sekedar membasuh muka.
curug cilember yang berada di kawasan puncak bogor, ada satu curug yang juga menarik untuk anda datangi dan nikmati keindahannya yang berada di kawasan Bogor Barat, y “Curug Seribu”. Air terjun yang terletak di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijah, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini berada di ketinggian 750- 1.050 m dpl, tentu udara khas pegunungan dan keindahan alam sekitarnya akan menyegarkan pikiran, curug seribu juga berada dalam kawasan wisata gunung bunder yang merupakan wisata alam bumi perkemahan. Selain itu anda juga bisa menemukan 3 curug lainnya yang berada dalam satu lokasi wiasata gunung bunder. Pastinya anda akan terpuaskan, berwisata alam di curug seribu, kepenatan dalam pikiran akan disegarkan kembali, dan wisata alam seperti cocok bagi anda orang kota warga Jakarta yang sulit menemukan keindahan wisata alam.

Mempunyai ketinggian 100 meter , air terjun yang satu ini dihiasi dengan berbagai tanaman dan pepohonan disekelilingnya, alami dan masih bisa dinikmati kesegaranya. Sumber curahan air terjun ini berasal dari gunung salak dan mengalir mengikuti Sungai  cikulang, curahan air terjun ini cukup besar dan desar, anda bisa menikmati kesegaran airnya dengan mandi dan berdiri dibawah guyuran curahan air terjun, segar dan serasa dipijit tentu akan menjadi sensasi yang sangat menyenangkan.  Air terjun ini juga cocok untuk berfoto bersama keluarga dengan backgroung curug seribu, pastinya kedekatan dengan alam akan anda dapatkan, pikiran akan menjadi fresh segar.
 5. Curug Nangka
Berada di kawasan Gunung Bunder , curug nangka menawarkan kesegaran alam dan keindahan air terjunya yang pastinya menyegarkan pikiran. Curug nangka sendiri terletak di Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan berada di ketinggian sekitar 750 m dpl, pastinya udara sejuk khas pegunungan bisa anda rasakan. Bagi anda pecinta alam berkunjung ke air terjun ini tentu sangat menyenangkan, karena dilokasi curug nangka anda masih bisa menemukan dua curug lainnya yang hanya berjarak 100 meter, yaitu curug daun dan curug kawung.  Dan bagi anda yang mengajak anak- anak pun tidak perlu kuwatir karena jalan menuju curug nangka tidak menyajikan jalan yang sulit, selain itu sangat dekat dengan pintu masuk hanya 500 meter atau sekitar 15 menit perjalanan.

Mulai menikmati keindahan Curug Nangka, air terjun yang satu ini merupakan ir terjun bertingkat , dengan 3 tahap yang masing – masing tahapnya mempunyai ketinggian sekitar 20-30 meter, anda bersama anak bisa bermain air sepuasnya denga bermandi- mandi dibawah guyuran air terjun, juga terdapat kolam alami yang terdapat di bawah air terjun ini. selain keindahan air terjunya dan alaminya alam disekitar air terjun anda juga bisa melihat kawanan  monyet liar yang bergelantungan di atas pohon, tak jarang monyet – monyet akan meminta makan kepada pengunjung, tentu ini menjadi keseruan tersendiri saat berkunjung ke air terjun ini.
Air terjun yang satu ini bisa anda jadikan tujuan wisata alam menarik bagi anda yang ingin menyegarkan pikiran jauh dari kehidupan kota. Curug Cibeureum terletak di kawasan wisata alam pondok halimun di hulu Sungai Cipelang, Desa Perbawati, Kecamatan Karawang, Sukabumi, Jawa Barat. perjalanan menuju curug ini hanya bisa dilalui dengan jalan kaki dari pintu gerbang pintu masuk, mempunyai track yang lumayan berat, namu menarik, perjalanan menuju air terjun ini sangatlah menyenangkan, anda akan ditemani dengan ribuan pohon yang rindang, bahkan sinar matahari hanya bisa masuk melalui sela- sela dedaunan, yang menyebabkan udara menjadi lembab. Kawasan air terjun ini memang sangat menarik bagi anda yang ingin merasakan segarnya alam dan ingin mendapatkan ketenangan jauh dari keramaian, tempat ini sangat cocok bagi anda.

Curug Cibeureum mempunyai ketinggian sekitar 60 meter dan berada diketinggian sekitar 1050 m dpl, dengan curahan air terjun yang cukup deras, air terjun ini semakin menarik dengan dinding air terjun yang ditumbuhi tanaman hijau elok untuk dipandang. kesegaran khas puncak akan anda rasakan, menikmati keindahan air terjun ini bisa anda lakukan dengan berbagai hal, anda bisa merasakan kesegaran air terjun dengan hanya sekedar membasuh muka ataupun mandi dibawah guyuran air terjun yang lumayan deras ini.
8. Kawah Ratu

Bagi anda yang  suka berpetualang di alam, wisata alam yang satu ini mungkin bisa anda jadikan petualang alam yang menyenangkan bagi anda, y “ kawah ratu” yang masih berada di kawasan wisata alam gunung salak endah ini dan  terletak di kecamatan pamijah, kabupaten Bogor, Jawa Barat ini menawarkan kepada anda  sebauh sensai, tantangan dan petualangan bagi anda, dengan keindahan alam yang mempesona memanjakan mata. Berada diketinggian 1.338 m dpl selain keistimewaan kawahnya tempat ini juga menawarkan keindahan alam sekitar dan pastinya udara sejuk khas pegunungan. Sejauh mata memandang anda akan melihat panorama alam, stres dan penat dalam bekerja akan sedikit terlupakan, pikiran akan menjadi fresh tentunya.

Mulai menikmati keindahan dan pesona alami kawah ratu, tentunya yang paling menarik dari kawah ratu ini adalah aktivitas geologinya , setiap hari kawah ratu ini mengeluarkan gas asam sulfida ( H2S) dengan bau khasnya yang menyengat, pemandangan fenomena alam ini menyenangkan juga untuk diabadikan dengan berfoto – foto ria. Tersedia  bagi anda yang ingin menikmati sensasi mandi hangat asam sulfida jangan kuwatir , dikawasan kawah ratu ini terdapat Sungai yang airnya hangat pas dibadan, y sungai ini menjadi salah satu daya pikat dari wisata kawah ratu ini, air sungainya bisa anda gunakan untuk berendam, tentu ini sangat menyenangkan dan pastinya sensasi akan anda dapatkan, apalagi diyakini air sungai yang mengandung asam sulfida ini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, jadi bagi anda harus mencoba rasakan sensasinya.
Yang paling disuka para pendaki gunung adalah rangkaian petualangan yang dimulai dari kawasan Gunung Salak Endah. Mereka bisa memulai rekreasi dari Curug Cigamea, Curug Seribu, mandi air panas, dan puncak acaranya adalah mendaki ke Kawah Ratu. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Kawah Ratu hanya sekitar 4 jam. Jalur utamanya relatif mudah, dan jangan heran jika Anda bertemu rombongan anak-anak SD atau warga sekitar yang ikut naik ke Kawah Ratu, karena ini sudah seperti tempat main mereka. Kawah Ratu memberikan pemandangan unik sekaligus eksotis. Setelah trekking jalur hutan, para pendaki akan sampai ke area terbuka. Menjelang sampai ke Kawah Ratu, jalurnya laksana hutan kering kerontang. Jangan heran, ini karena Kawah Ratu yang masih aktif dan panas, berpadu dengan sungai dan lelehan mineral seperti kapur dan belerang.
Kawahnya bukan berbentuk lubang raksasa melainkan kolam kawah yang ukurannya biasa saja. Tapi, kawasan di sekitarnya adalah hamparan bebatuan kapur dan belerang seluas mata memandang. Uap panas yang menerobos bebatuan langsung berubah menjadi kabut yang melayang rendah. Rembesan mineral mengalir sepanjang sungai di sekitar Kawah Ratu. Akibatnya, sungai itu memiliki dasar yang berwarna hijau akibat endapan mineral. Air sungai yang hangat menjadi obat para pendaki untuk mengusir udara dingin. Kawah Ratu menawarkan petualangan seru dan objek fotografi yang menarik. Namun memang, lokasi jatuhnya Sukhoi yang berjarak 2,5 km arah timur Kawah Ratu, memiliki medan yang lebih berat dari jalur reguler pendakian ke Kawah Ratu.
9. Kebun Teh dan Gunung Mas      
Alam memang sangat menyenangkan untuk dijelajahi dna dinikmati keindahan, dan Bogor sendiri merupakan salah satu tempat yang menyimpan banyak wisata alam didalamnya, dengan segala keindahan yang dimiliki, dan salah satunya adalah “ Perkebunan Teh Cianten” yang terletak di Desa Purasari Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia.  Perkebunan teh ini bisa anda tempuh dari Jakarta melewati jalan tol Jagorawi, selanjutnya setelah keluar di pintu tol Barangsiang Bogor anda bisa mengambil jalan ke arah kampus IPB Dramaga, kemudian anda bisa melanjutkan ke perkebunan teh cianten yang berjarak 25 km dari kecamatan Leuwiliang. Perkebunan teh yang satu ini jauh dari perkampung dengan jarak sekitar 7 km dari perkampunga terdekat yaitu kp. Tanjungsari. Keindahan dan kesejukan kebun teh semakin istimewa dengan kealamian alam sekitar hutan lindung yang mengelilingi kebun teh Cianten, menjadikan tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati liburan dan mendekatkan diri dengan alam bersama keluarga tercinta.

Berada diketinggian 800- 1000 m dpl tempat ini mempunyai udara yang sejuk dan nyaman jauh dari polusi. Disini anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan mulai dari bersepeda, memanjakan diri dengan pemandian air panas dan menikmati pesona curug ( air terjun). Mulai dari yang pertama menjelajahi kebun teh ciateng dengan bersepeda, sangat menyenangkan dan menyehatkan, dengan pasangan ataupun dengan keluarga kegiatan bersepeda di tempat ini harus anda coba, sambil mengayuh sepeda anda akan ditemani dengan berbagai macam kicauan burung dan udara yang sejuk, selain itu anda bisa melihat secara langsung proses  pemetikan daun teh, tentu ini sangat menyenangkan, berjalan kaki pun juga bisa anda jadikan pilihan , untuk anda yang ingin santai dan menghirup udara segar.

Mendekatkan diri dengan alam tentu sangat menyenangkan, apalagi bagi anda yang penat dengan kehidupan kota, tentu berwisata alam sangat di rekomendasikan untuk memulihkan pikiran menjadi segar, dan bagi anda yang ingin berwisata alam  terutama puncak ,Bogor adalah surganya dan salah satu yang bisa anda kunjungi adalah “ Kebun The Gunung Mas” yang terletak di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Berada pada ketinggian 800- 1200 m dpl dan mempunyai suhu  rata 18-22 derajat celcius tempat ini mempunyai kesejukan keindahan alam yang bisa membuat pikiran kembali segar dengan berbagai kegiatan yang bisa anda lakukan didalamnya, pastinya anda akan lebih dekat dengan alam. Mempunyai jarak yang tidak terlalu jauh dari Jakarta hanya 80 km yang bisa ditempuh sekitar 1,5- 2 jam perjalanan saja, tempat ini bisa anda jadikan alternatif untuk liburan bersama keluarga dan menjadi tempat tinggal sementara untuk meninggalkan kehidupan kota.
Di Gunung mas ini anda bisa menikmati keindahan alam dengan berbagai cara, dengan fasilitas yang disediakan seperti berkuda dan paralayang.  Yang pertama berkuda, anda akan diajak berkeliling melihat hijaunya kebun teh dengan sensai berkuda yang menyenangkan dengan dipandu guide yang sudah profesional dibidangnya, dengan rute yang sudah digunakan, mengelilingi kebun teh dengan berkuda harus anda rasakan sensainya. Selanjuta paralayang, yang satu ini menikmati keindahan gunung mas dengan view dari atas, anda bisa melihat hamparan kebun teh hijau yang bisa memanjakan mata anda, sejauh mata memandang, anda akan terpuasakan dengan keindahan alam gunung mas yang mempesona.
10. Kampung Budaya Sindangbarang
Merupakan kampung tertua di Bogor yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Padjadjaran. Salah satu keunggulan Kampung Budaya Sindangbarang yaitu setiap setahun sekali menyelenggarakan upacara adat “Seren Taun” yang merupakan ungkapan rasa syukur masyarakat terhadap Tuhan atas hasil panen dan hasil bumi yang diperoleh sepanjang tahun tersebut dan berharap hasil panen dan hasil bumi pada tahun depan akan lebih baik lagi. Selain itu disini terdapat bermacam-macam kesenian Sunda dan situs purbakala peninggalan Kerajaan Padjadjaran.

Sindang barang memiliki makna filosofis dan historis yang sakral. Sindang artinya berhenti, dan barang dimaknakan kepada keduniaan dan materialisme. Makna keseluruhannya ialah tempat untuk meninggalkan urusan keduniawian. Di sini urusan rohani berlangsung, tutur Pak Ukad, salah seorang perintis Kampung Budaya Sindang barang. Maka dari itu, masyarakat di sini tak boleh berniaga untuk kepentingan duniawi, apalagi bila permodalan dipinjam dari bank pemerintah, katanya. Semua bisnis dilakukan atas modal sendiri. Bila ada yang melanggar, kerugian pasti didapatkan, tanpa ada kontrol atau pun sanksi adat.




3 komentar:

  1. Jadi kepengen buru2 libur nich..

    BalasHapus
  2. Maen lah ke bogor.. Biar lebih mengenal tempat2 wisata di bogor, yg pasti berbeda dengan tempat lain.

    BalasHapus
  3. Ada cewe cantik tuch yah..!!!!

    BalasHapus

Comment Using Facebook